Dalam kegiatan setiap hari kita tidak dapat dipisahkan dengan kabel. Misalkan saja, kabel pengisi daya handphone. Nyaris tiap hari kita memakainya untuk isi daya handphone. Walau seringkali menyaksikan kabel, tapi apa kamu sudah mengetahui berkenaan ukuran dan macamnya?

Nach, rupanya kabel mempunyai ukuran dan tipe yang lain, lho. Ada yang ukuran kurang dari 2 mm sampai 4×4 mm dengan tipe berinti tunggal atau serabut. Ukuran dan tipe kabel listrik mempunyai peletakan yang berbeda, seperti pada dalam tanah, atap, atau pada dinding.

Disamping itu, tidak seluruhnya kabel mempunyai tegangan tinggi. Ada pula kabel yang bertegangan rendah. Umumnya kabel tipe itu dipakai untuk beberapa alat electronic rumah tangga. Meskipun mempunyai tegangan yang cukup rendah, tapi harus tetap waspada saat menggenggamnya, ya.

Untuk kamu yang ingin tahu, berikut 10 ukuran kabel listrik dan tipe dan manfaatnya. Baca sampai bawah ya!

1. Kabel NYA

ukuran kabel listrik nya

Kabel listrik NYA sering dipakai sebagai instalasi listrik rumah padat warga. Ukuran bermacam dimulai dari diameter 1,5 mm sampai 2,5 mm. Yang membandingkan kabel satu ini dengan yang lain, yakni mempunyai pokok tunggal. Isian kabel dibuat berbahan tembaga dengan memakai penutup isolasi Polivinil Klorida (PVC) warna.

Berwarna ada merah, biru, kuning, dan hitam. Tipe kabel satu ini terlaku di pasar karena harga yang murah dan kwalitasnya bagus. Kekurangannya, kabel NYA cuman mempunyai satu lapis hingga gampang koyak dan mudah digigit tikus.

2. Kabel NYM

ukuran kabel listrik nym

Kabel NYM kerap dipakai pada kabel listrik rumah tangga atau gedung tingkat. Kabel ini mempunyai pokok lebih satu, dapat 2, 3, atau 4 sesuai keperluan. Ukuran berbeda, dimulai dari 2×4 mm sampai 4×4 mm. Penetapan ukuran sama sesuai dari jumlahnya pokok yang diperlukan.

Konduktornya dibuat berbahan tembaga, sedang isolatornya berbahan PVC. Kabel NYM harus dilapis kembali dengan isolasi PVC ukuran yang semakin besar. Maksudnya untuk menjadikan satu pokok yang terpisah. Kabel tipe ini seharusnya dipakai untuk listrik sisi dalam atau indoor dan jangan dilaksanakan penempatan tanam.

3. Kabel NYY

ukuran kabel listrik nyy

Kabel NYY mempunyai ukuran dimulai dari 2×4 mm sampai 4×4 mm. Tipe kabel satu ini khusus dipakai untuk instalasi tertancap atau kabel dalam tanah. Kabel ini dibuat berbahan isolasi yang tidak dicintai oleh tikus. Karenanya, kabel NYY tidak gampang hancur, bertahan lama, dan anti bungkusukan air.

Pokoknya dapat 2 sampai 4 sehabis keperluan yang diharapkan. Kabel NYY sering dipakai untuk pembikinan kabel lampu taman. Harga pasti sedikit mahal karena jumlahnya susunan isolasi pada kabel NYY. Umumnya warna isolasi yang digunakan yakni hitam.

4. Kabel NYAF

ukuran kabel listrik nyaf

Kabel NYAF wujud pokoknya tidak tunggal, tetapi serabut yang dibuat dari tembaga murni. Tetapi, ada pula yang dibuat dari tembaga kombinasi. Berupa serabut lembut hingga kabelnya benar-benar fleksibel. Pas dipakai pada lajur yang banyak memiliki tikungan tajam.

Ukuran kabel NYAF 2,5 mm dengan beragam warna isolasi. Kabel NYAF cuman mempunyai isolasi tunggal yang tipis, seharusnya penempatan kabel memakai pipa. Kabel ini jangan ditempatkan pada lokasi yang lembab atau basah. Bila didiamkan karena itu kabel akan cepat hancur.

5. Kabel NYBY

ukuran kabel listrik nyby

Kabel NYBY sebagai tipe kabel dengan isolasi yang kuat. Kabel tipe ini umumnya dipakai untuk kabel tanam dalam tanah. Tak perlu memakai isolasi tambahan karena kabel NYBY telah terjaga kemampuannya dan bertahan lama.

Tetapi, berlainan bila dipakai di jalan raya. Minimal kabel ini memerlukan pipa PVC supaya masih tetap terlindung secara baik. Ukuran kabel pokoknya 2,5 mm, sedang ukuran dan tutup isolasinya 2×4 mm sampai 4×4 mm. Kabel NYBY bisa ditanamkan sampai kedalaman 80 cm atau 0,8 mtr..

6. Kabel NYCY

ukuran kabel listrik nycy

Kabel NYCY tipe kabel yang serba sempurna walau dalam cuaca berlebihan sekalinya. Kabel ini populer bertahan lama dan kuat karena diproteksi oleh beberapa lapis isolasi PVC. Minimal ada 4 susunan PVC membuat perlindungan konduktor, yakni conductor screen, insulation, metallic screen, dan outer sheathed.

Untuk ukuran dapat capai 4×4 mm. Kabel NYCY memang direncanakan untuk pemakaian kabel bawah tanah, dalam tanah, dalam ruang, atau alam terbuka. Bila pemakaiannya outdoor, seharusnya memakai perlindungan pita CU kabel.

7. Kabel BC

Kabel BC atau kerap dikatakan sebagai kabel penangkal petir. Tipe kabel satu ini dapat meredam tegangan s/d 500 Volt. Ukuran bermacam ada yang kecil sampai besar, dimulai dari 6 mm sampai 500 mm sama sesuai keperluan.

Mekanisme konduktornya cukup unik, yakni bisa mengantarkan listrik lewat pilinan kabel. Pilinan itu selanjutnya jadi satu hingga sanggup hasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak gampang putus. Umumnya kabel BC dipakai sebagai kabel pentanahan pada bangunan tinggi atau gedung.

8. Kabel AAAC

Berlainan dari kabel secara umum. Kabel AAAC pokoknya dibuat berbahan alumunium, magnesium, dan silikon atau dengan bahan logam kombinasi. Ukuran kabel AAAC dimulai dari 2,5 mm s/d 500 mm. Untuk ukuran sesuaikan dengan adanya banyak kombinasi logam yang kepakai.

Keunggulan kabel AAAC, yakni anti karat hingga dapat dipakai dalam periode waktu lama. Kabel tipe ini pas dipakai sebagai penghantar untuk mencegah petir. Isolasinya tebal dan tidak gampang hancur oleh gigitan tikus.

9. Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO sebagai tipe kabel yang kerap dipakai pada barang electronic rumah tangga. Berlainan dengan kabel yang lain yang sanggup meredam tegangan besar. Kabel satu ini cuman dapat meredam tegangan rendah. Makin baik kwalitasnya umumnya harga akan makin mahal.

Ukuran 3×2,5 mm per kabel NYMHYO. Kabel ini umumnya dipakai untuk kabel radio, kabel speaker, kabel audio atau video, dan kabel tipe electronica tertentu. Kabel NYMHYO dibuat dari tembaga murni, tapi bisa juga memakai bahan tembaga kombinasi.

10. Kabel NYMHY

Kabel NYMHY sering dipakai untuk instalasi listrik rumah tangga. Hal tersebut karena berbahan yang fleksibel hingga gampang mencapai tempat yang penuh lekukan. Tipe kabel ini umumnya ditempatkan pada dinding atau atap rumah.

Mempunyai pokok kabel serabut, dilapis dengan isolasi PVC dengan ukuran 2×1,5 mm. Pokoknya dapat dipakai lebih satu sama sesuai keperluan yang diharapkan. Tidak seluruhnya rumah dapat memakai kabel tipe ini. Cuman rumah yang mempunyai tegangan kurang dari 900 watt saja.

Kabel sebagai benda yang penting untuk kehidupan setiap hari. Tanpa kabel, tidak ada benda electronic yang bisa dipakai. Semua barang electronic ada karena kontribusi kabel yang sanggup mengantarkan listrik secara baik. Mudah-mudahan tulisan ini berguna untuk kamu agar bisa menambahkan wacana berkenaan kabel listrik.