cara setting router wifi

Cara Setting Router WiFi – Di zaman kekinian seperti sekarang ini, perubahan tehnologi yang demikian cepat kurang lebih mempengaruhi kehidupan manusia. Salah satunya perkembangan tehnologi yang tidak dipisahkan dari sehari-harinya manusia ialah internet.

Internet seperti WiFi seolah jadi keperluan yang perlu disanggupi, bagus untuk berbicara sampai selingan. Karena itu Anda perlu ketahui bagaimana cara setting router WiFi sendiri.

Mempunyai jaringan WiFi sendiri di dalam rumah atau kantor pasti bisa mempermudah Anda untuk terhubung internet lewat perangkat apa saja. Hingga Anda tidak perlu kewalahan untuk share akses internet, jika ingin terhubung web atau basis yang lain lewat computer atau netbook.

Saat beli router WiFi, tentu Anda akan mendapati buku petunjuk dalam box paket. Walau kelihatan susah, tetapi ternyata memasangkan dan mensetting router WiFi sendiri di dalam rumah atau di kantor bisa dilaksanakan sendiri tanpa perlu kontribusi mekanik. Berikut cara memasangkan dan atur router WiFi anti repot dan gampang untuk dilaksanakan!

6 Cara Setting Router WiFi dengan Cara Efektif

cara setting router wifi dengan mudah

Agar bisa mensetting router WiFi sendiri, di bawah ini beberapa langkah yang perlu Anda kerjakan!

1. Tentukan Lokasi Penempatan Router

Pertama kali Anda perlu tentukan tempat lokasi penempatan router WiFi Anda. Tempat terbaik untuk tempatkan router WiFi di dalam rumah supaya capaian signal rata ke semua tempat ialah pada tempat terbuka sisi tengah rumah.

Tetapi keadaan itu berbeda tergantung dari tempat dan lokasi rumah, karena Anda harus juga menyambungkan router WiFi ke perangkat yang sudah disiapkan oleh ISP Anda. Biasanya lokasi penempatan akan ditaruh di dekat dinding. Tidak lupa untuk menghindar penempatan router di tempat tertutup supaya capaian signal tidak terhambat.

2. Menyambungkan Router

Sesudah Anda tentukan lokasi penempatan router, cara setelah itu menyambungkan router dengan netbook atau computer. Anda perlu menyambungkan router WiFi ke salah satunya perangkat computer atau netbook memakai kabel LAN.

Seterusnya Anda perlu mempersiapkan 2 kabel. Pertama ialah kabel yang dipakai untuk router WiFi dengan netbook atau PC, ke-2 ialah kabel untuk menyambungkan router WiFi dan modem internet.

Kabel dari router WiFi ke perangkat nanti akan disambungkan ke salah satunya port LAN pada router, sedang kabel modem akan disambungkan pada port WAN pada router WiFi di mana mempunyai lokasi yang terpisah.

3. Menghidupkan Router

tahap selanjutnya ialah menghidupkan router dan modem. Saksikan pada buku petunjuk agar bisa menyaksikan alamat lokal router WiFi Anda, misalnya seperti “http://192.168.1.2”. Kemudian membuka alamat pada browser netbook atau PC yang sudah terhubung dengan router WiFi lewat LAN.

Apabila sudah terbuka, akan ada halaman yang minta Anda untuk masukkan username dan sandi standar dari router WiFi Anda. Biasanya username dan sandi WiFi standar sudah ada pada box atau buku petunjuk. Bila tidak, Anda bisa coba isi username dan sandi admin / admin.

4. Mengonfigurasikan Router

Sesudah sukses, cara seterusnya Anda disuruh untuk mensetting router WiFi agar tersambung dengan modem punya ISP Anda. Penataan pada setiap ISP kemungkinan bisa berlainan, hingga Anda dapat bertanya langsung ke faksi ISP jika mendapati masalah saat penempatan.

Tetapi secara umum Anda tidak perlu mengotak-atik atau atur settingan router dari sejak awalnya, karena settingan itu akan bisa dibaca secara automatis.

Tetapi jika router tidak bisa membaca settingan secara automatis, Anda perlu isi settingan dari sejak awalnya. Untuk setting router D-Link biasanya berisi WAN akses tipe, host name, MTU size, attain DNS automatically, set DNS manually, DNS server 1, dan DNS server 2.

5. Mengonfigurasikan SSID

Jika router sudah terkonfigurasi, seterusnya Anda perlu mengonfigurasikan SSID. Proses ini diperuntukkan supaya router WiFi bisa dipakai tanpa memakai kabel ke perangkat.

Anda perlu pilih “enable SSID broadcast”, lalu tetapkan nama SSID supaya memudahkan Anda untuk menyaksikan hotspot dari router itu. Tentukan model 802.11b/g/n atau model yang lain sudah ada pada router WiFi Anda, lalu tetapkan bandwith.

Tentukan WPA2 AES yang ada di Security Pilihan, click Pre-Shared Key lalu isilah sandi agar bisa terhubung internet mealui router Anda. Apabila sudah, click “apply”.

6. Mengetes Jaringan Router

Jika semua cara sudah dilaksanakan, tingkatan paling akhir ialah mengetes jaringan router Anda sudahkah bisa dipakai untuk terhubung internet. Triknya, cari nama SSID pada daftar hotspot di perangkat yang ingin dihubungkan dengan koneksi internet router Anda.

Bila Anda memakai netbook atau computer, yakinkan perangkat telah ada WiFi Dongle atau WiFi Receiver yang ter-install pada perangkat. Jika Anda memakai handphone atau tablet, biasanya Anda tidak perlu memakai perangkat tambahan.

Kemudian tentukan hotspot dengan nama SSID yang sudah Anda tetapkan awalnya, lalu masukan sandi sama sesuai dengan yang sudah Anda isilah pada pre-shared key. Lihat apa Anda sukses terhubung dengan hotspot itu atau mungkin tidak, dengan coba buka web atau sosial media untuk pastikan akses internet.

Bagaimana Bila Belum Sukses Terhubung Dengan Hotspot?

cara supaya sinyal wifi cepat dan kuat

Jika Anda belum sukses terhubung dengan hotspot, ada banyak hal yang penting Anda check salah satunya:

  • Lihat apa router WiFi dan modem internet pada kondisi berpijar atau mati. Bila pada kondisi mati, pasti Anda perlu menghidupkan ke-2 perangkat itu.
  • Yakinkan Anda tidak salah isi sandi, karena sandi yang keliru bisa menjadi pemicu kenapa Anda gagal terhubung dengan hotspot.
  • Yakinkan akses internet Anda tidak memiliki masalah atau jaringan WiFi lelet.
  • Jika jaringan alami masalah hingga membuat Anda tidak bisa terhubung dengan hotspot, Anda bisa lakukan re-boot router lalu matikan WiFi pada perangkat.

Panduan Memasangkan Router WiFi Supaya Signal Kuat!

cara supaya sinyal wifi cepat dan kuat

Ada banyak panduan memasangkan router WiFi supaya signal lebih kuat dan bisa mencapai semua tempat rumah, salah satunya:

Jauhi Dari Perangkat Electronic

Selainnya memasangkan router pada tempat tengah rumah dan terpasang dengan tinggi kemungkinan, Anda perlu menempatkan router WiFi jauh dari perangkat electronic atau benda logam besar yang lain. Pasalnya perangkat electronic bisa mengusik sinaran signal.

Lihat Status Antena Router

Selainnya status router, status antena router juga jadi hal penting supaya signal WiFi lebih kuat. Jauhi menempatkan antena ke yang serupa, hingga Anda bisa menempatkan antena tegak lempeng keduanya baik secara horizontal atau vertikal.

Up-date Firmware

Firmware bak sebuah program yang ada pada handphone atau computer, hingga perangkat hardware yang tidak mempunyai firmware jadi tidak bisa jalan dengan maksimal. Karena itu jika ada info up-date firmware terkini, Anda bisa selekasnya merombak.

Kontrol Bandwith

Beberapa penyuplai service internet ada yang berlakukan mekanisme FUP atau Fair Usage Kebijakan, di mana ada batasan penggunaan lumrah untuk pemakainya. Hingga saat pemakai WiFi sudah capai batasan FUP, akan punya pengaruh pada kecepatan akses internet yang melamban. Karenanya Anda bisa lakukan limitasi bandwith supaya akses internet Anda masih tetap konstan dan tidak melamban.

Demikian cara setting router WiFi yang gampang dan anti repot, hingga Anda bisa memasangkan router sendiri tanpa perlu panggil mekanik. Mudah-mudahan berguna!

Tags

Leave a Reply