cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis – Di zaman kekinian dengan tehnologi yang makin hebat seperti sekarang ini, hampir tiap orang tentu mempunyai handphone. Walau sebagai piranti hebat, tetapi seringkali handphone alami permasalahan saat dipakai.

Salah satunya permasalahan yang sering terjadi di handphone ialah ruang penyimpanan penuh, hingga dibutuhkan cara hilangkan notifikasi ruang penyimpanan hampir habis ini. Pemakai handphone sering tidak mengetahui memory intern handphonenya penuh, walau piranti handphone tidak mempunyai aplikasi atau file yang banyak.

Permasalahan itu menyebabkan kerap timbulnya notifikasi ruang penyimpanan hampir habis atau penuh, hingga membuat pemakai berasa tidak nyaman saat menjalankan handphone. Tidak kecuali pada smartphone Xiaomi, Vivo, Realme, Samsung, Oppo dan yang lain. Karena itu diharuskan untuk kita menyaksikan panduan di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

ruang penyimpanan hampir habis

Untuk Anda yang terasa terusik dengan notifikasi ruang penyimpanan hampir habis di handphone, berikut Penulis beri cara baik hilangkan notifikasi itu di handphone Android Anda!

1. Hapus File Pesan Aplikasi Chatting dan Pesan SMS

Salah satunya file yang sering penuhi ruang penyimpanan Android ialah file pesan dari aplikasi chatting atau SMS. Masalahnya tiap pemakai handphone tentu terima dan mengirimi banyak pesan sehari-harinya sampai tidak sadar file pesan itu makan banyak ruang penyimpanan.

Karena itu lebih dulu hapus pesan SMS yang tidak penting seperti pesan SMS spamming, OTP, iklan, utang dana online, pesan dari provider, dan pesan SMS yang lain.

Sesudah pesan SMS tidak penting terhapus, hapus juga pesan grup chat di aplikasi chatting yang dipasang di handphone Anda seperti LINE, WhatsApp, dan sebagainya. Pesan grup chat lumayan banyak makan ruang penyimpanan, hingga tidak ada kelirunya untuk dihapus supaya ruang penyimpanan tidak penuh.

2. Hapus File Cache

Selainnya hapus file pesan aplikasi chatting dan SMS, Anda dapat hapus file cache untuk melegakan ruang penyimpanan handphone. Cache sendiri dibuat dari aktivitas yang Anda kerjakan di handphone, dan dipakai untuk simpan data mekanisme pada aplikasi. Hingga nanti saat Anda terhubung aplikasi itu kembali, karena itu handphone bisa bekerja bisa lebih cepat.

Agar bisa hapus file cache handphone, masuk pada menu penataan atau settings pada handphone Anda. Kemudian click “apps” atau aplikasi, lalu tentukan aplikasi mana yang sering Anda lakukan dan mempunyai file cache besar. Apabila sudah tentukan “clear data”, lalu akan tercantum perintah “delete apps data”, click “OK”.

3. Hapus Aplikasi

Hapus aplikasi bisa menjadi salah satunya cara untuk kosongkan ruang penyimpanan handphone Anda. Masalahnya kemungkinan ada beberapa aplikasi yang dipasang di handphone tetapi tidak Anda perlukan. Hingga tidak ada kelirunya untuk hapus aplikasi yang jarang-jarang Anda pakai itu.

Pertama kali membuka Google Play Toko lalu click pada icon tiga baris yang berada di samping kiri monitor. Kemudian click pada pilihan menu “my apps dan game”, lalu saksikan aplikasi apa yang tidak Anda perlukan. Bila Anda ingin hapus aplikasi, click pada aplikasi itu lalu tentukan “uninstall”.

4. Mengalihkan File di Memory Intern ke SD Card / PC

memindah penyimpanan file internal ke ekternal sd card di android

Cara seterusnya dengan mengalihkan file di memory intern ke SD card atau PC. File seperti photo, video, musik, dan file penting yang lain yang ada dalam memory intern bisa Anda alihkan ke memory SD card, hingga ruang penyimpanan intern Anda tidak akan penuh oleh file.

Agar bisa mengalihkan file, membuka aplikasi “file manajer” selanjutnya click “penyimpanan intern”. Kemudian akan tercantum folder yang berisi photo, video, musik, dan file yang lain dalam folder unduh, gallery, DCIM, kamera, dan sebagainya.

Tentukan file mana yang ingin Anda alihkan, lalu click “move” untuk mengalihkan atau “copy” untuk mengopi file. Seterusnya tentukan folder penyimpanan di SD card lalu click “paste”.

Untuk cara mengalihkan file ke PC tanpa kabel silakan menyaksikan 5 Cara Transfer File Android ke PC Tanpa Kabel USB.

5. Berpindah ke Aplikasi Versi Lebih Ringan

Cara ini kelihatan remeh dan jarang-jarang dilaksanakan, tetapi cara yang ini termasuk efisien dan bisa menjadi satu diantara cara hilangkan notifikasi ruang penyimpanan hampir habis yang baik. Jika ruang penyimpanan handphone Anda termasuk kecil, coba untuk berpindah ke aplikasi versus enteng seperti Lite atau Go untuk mengirit ruang penyimpanan.

Aplikasi yang memasangkan nama Lite dan Go seperti Youtube Go, Maps Go, Messenger Lite, Facebook Lite, dan sebagainya mempunyai ukuran yang lebih kecil bila dibanding dengan versus aplikasi intinya. Walau demikian, aplikasi versus Lite atau Go mempunyai beberapa kekurangan satu diantaranya ada sejumlah fitur yang di hilangkan.

6. Atur Penyimpanan Photo Dari Camera ke SD Card

Untuk Anda yang hoby berpose riang, sudah tentu memory penyimpanan handphone sarat dengan photo hasil bidikan Anda. Ditambah makin tinggi detail handphone, karena itu makin besar juga ukuran file photo yang dibuat. Karenanya alihkan penyimpanan photo dari camera ke kartu SD card Anda untuk mengirit ruang penyimpanan.

Anda bisa mengganti penataan penyimpanan dengan buka camera handphone, lalu click pada icon settings atau icon bermotif gear. Kemudian mencari pilihan menu “lokasi penyimpanan” lalu ganti penataan penyimpanan jadi “SD card”.

7. Meng-install Aplikasi Pihak Ke-3 untuk Mengurus Memory Penyimpanan

Agar bisa mengolah/mengurus memory penyimpanan handphone Anda, Anda bisa mencoba mengambil dan meng-install aplikasi faksi ke-3 untuk atur memory penyimpanan.

Karena aplikasi pengurus memory yang ada gratis di Google Play Toko ini berguna untuk mengetahui file sampah atau cache yang ada dalam handphone. Beberapa aplikasi yang bisa Anda install salah satunya DU Baterai Saver, CC Cleaner, dan ada banyak kembali.

8. Menonaktifkan Notifikasi

Notifikasi yang sering ada di monitor handphone tentu membuat Anda terasa terusik, hingga Anda bisa memutuskan untuk menonaktifkan atau sembunyikan notifikasi. Agar bisa menonaktifkan notifikasi, cukup hanya meredam lama pada aplikasi yang ingin Anda non-aktifkan lalu click pada “Informasi App”. Kemudian akan ada pilihan “show notifications” lalu hapus pertanda ceklisnya.

9. Menonaktifkan Auto-Save Photo

Menonaktifkan Auto Save foto

Diakui atau mungkin tidak, banyak pemakai handphone yang aktifkan feature auto-save media untuk aplikasi LINE, WhatsApp, dan aplikasi chatting yang lain. Walau sebenarnya, feature auto-save itu tidak cuman membuat paket internet Anda cepat habis tetapi penuhi memory penyimpanan handphone.

Karenanya sebaiknya untuk menonaktifkan feature itu dengan cara mengeklik pada chat room yang ada di aplikasi chatting. Kemudian tentukan pada pilihan menu “save to kamera roll” lalu click “never”.

10. Menambah Memory Penyimpanan External

Supaya kemampuan penyimpanan handphone Anda makin besar, tidak ada kelirunya Anda menukar SD card sama ukuran yang semakin besar. Hingga saat Anda banyak memiliki file di memory penyimpanan intern, bisa selekasnya dipindah ke memory penyimpanan external.

Membersihkan Sampah Memory Secara Teratur!

membersihkan sampah memori

Cache sebagai salah satunya file sampah yang penuhi memory penyimpanan handphone. Hingga tidak lupa untuk bersihkan sampah memory dengan teratur baik dengan manual atau memakai aplikasi faksi ke-3 , untuk kosongkan ruang memory handphone Anda.

Demikian cara hilangkan notifikasi ruang penyimpanan hampir habis di Android, hingga sekarang Anda tidak akan terusik kembali dengan notifikasi yang sering ada di handphone Anda. Mudah-mudahan info di atas berguna!

Leave a Reply