cara melihat mac address

Cara Melihat MAC Address – Untuk orang pemula, hal jaringan computer tentu asing dengan istilah MAC Address. MAC Address sendiri bukan sebuah nama merek netbook, tetapi ringkasan dari Media Access Control Address. Kemungkinan sejauh ini Anda cuman mengenali IP Address, sebagai alamat penting sebuah HP Android.

Rupanya ada info penting yang lain harus dipahami, yakni Media Access Control (MAC) Address. Tiap piranti akan mempunyai MAC berlainan, tetapi dengan cara melihat MAC Address di Android yang relatif sama. Mac address ini, penting khususnya untuk penataan akses sebuah piranti.

Misalnya WiFi, bila Anda cuman ingin piranti tertentu saja yang dapat akses WiFi Anda karena itu tinggal check alamat MAC yang bakal dikasih akses dan yang mana tidak. Lalu apa pemahaman dari MAC Address? Bagaimana cara melihat MAC Address di netbook atau android? Baca keterangan komplet berkenaan MAC Address berikut!

Apa Itu MAC Address?

apa yang di maksud mac address

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, MAC Address sebagai ringkasan dari Media Access Control Address, yang sebuah alamat antara muka jaringan dan memiliki sifat unik karena berperanan sebagai identitas piranti. Bila ditelaah masalah pengertian, MAC address ialah alamat kelompok fisik dari sebuah piranti interface. Karakternya unik dan menjadi satu diantara identitas khusus, dari piranti itu.

Alamat ini dibikin langsung oleh produsen Network Interface Card, selanjutnya akan disimpan dalam Read Only Memori (ROM) hingga dapat dijangkau kapan saja diperlukan. MAC Address sebagai alamat fisik piranti atau hardware address, di mana tiap piranti yang bisa tersambung ke internet tentu mempunyai MAC Address semasing.

MAC address terbagi dalam barisan angka yang diatur berdasar beberapa digit, masing-masing punyai makna sendiri yang bakal membandingkannya dengan alamat lainnya. Hingga setiap piranti mempunyai MAC Address yang berbeda juga. MAC Address sendiri mempunyai panjang 48 bit dan terbagi dalam 12 digit bilangan heksadesimal.

Biasanya enam digit pertama pada MAC Address mengisyaratkan pabrik NIC atau pembikin kartu jaringan, dan alamat MAC Address digolongkan jadi enam yang terdiri ke dua digit. Setiap barisan terpisah dengan pertanda (-) atau (:) misalnya:

00:1B:44:11:3A:B7
01-26-56-75-7D-AB

Apa Peranan MAC Address?

Sebagai salah satunya alamat unik dengan panjang sekitaran 48-bit, MAC address punyai fungsi-fungsi utama pada beragam piranti khususnya yang berbasiskan Android.

Berikut peranan penting MAC Address, salah satunya:

1. Sebagai Identitas

MAC Address bisa disebutkan sebagai sebuah identitas perangkat (piranti) yang bisa membandingkannya dari piranti yang lain.

Karena setiap piranti mempunyai alamat masing-masing, hingga siapa yang terhubung jaringan itu bisa dideteksi secara mudah.

Disamping itu identitas itu dapat mempermudah piranti satu sama yang lain agar bisa berbicara.

Misalkan, bluetooth yang bakal gampang terhubung pada piranti dengan alamat MAC yang telah dijumpai.

2. Mengenali Perangkat Curian

Peranan lain dari MAC Address yang tidak kalah penting ialah agar bisa mengenali piranti curian yang tersambung ke jaringan. Saat IP address telah dijumpai, alamat itu akan dideteksi lagi dalam bahasa MAC hingga lebih gampang digunakan saat jaringan jaringan dilaksanakan.

Karena itu MAC Address jangan dikasih ke siapa saja terkecuali beberapa orang yang berkuasa.

3. Cari Lokasi Geografis

Mendapati lokasi geografis satu piranti bisa juga dilaksanakan melalui MAC Address.

Alamat ini sering dipakai oleh beberapa pihak berkuasa agar bisa menolong mendapati lokasi dari piranti yang teridentifikasi terhubung ke satu jaringan.

4. Mem-Filter Jaringan

Supaya tidak ada orang asing masuk ke sebuah jaringan, MAC Address bisa menolong mengenali piranti sebagai proses filtering.

Router bisa ditata agar terima MAC Address tertentu, hingga bisa batasi siapa yang ingin terhubung jaringan.

5. Mengembalikan Data

Tidak cuman hanya itu, MAC Address berperanan dalam rekondisi data untuk tersambung ke piranti wireless atau nirkabel. Misalnya dalam kasus rekondisi data dengan memakai Disk Drill.

Program itu bekerja dengan mekanisme Deep Scan atau Quick Scan di mana memakai metadata yang ada dalam mekanisme file.

Bagaimana Cara Melihat MAC Address itu?

Cara melihat MAC Address melalui netbook atau HP Android ternyata benar-benar gampang dan bisa dilaksanakan cuman langkah-langkah saja.

Ada banyak cara yang dapat dIgunakan untuk ketahui MAC sebuah HP atau piranti Android yang lain atau computer dan netbook. Turuti beberapa langkahnya berikut ini!

1. Melihat MAC Address Melalui Control Panel

emlihat mac address melalui control panel

Control Panel sebagai representasi dari mekanisme operasi yang berisikan banyak sarana pengontrol peranan computer, misalnya jaringan jaringan, program, penataan penampilan Windows, hardware, sampai penataan account Windows.

Langkah-langkah Melihat MAC Address melalui Control Panel

  • Pertama kali membuka Control Panel. Anda dapat cari Control Panel dengan menulis pada Start Menu Windows.
  • Apabila sudah masuk ke Control Panel, saksikan di bagian “Network and Internet” (internet dan jaringan) lalu click “View network status and tasks”.
  • Kemudian click “Change adapter settings”. Nanti akan ada adapter jaringan yang ada pada netbook Anda, Anda juga perlu tentukan adapter jaringan yang mana ingin Anda kenali MAC Address-nya. Tentukan salah satunya lalu click kanan dan tentukan “Status”.
  • Kemudian click “Detils” agar bisa tampilkan info lebih terinci. MAC Address akan kelihatan pada baris “Physical Address”.

2. Melihat MAC Address Melalui Command Prompt (CMD)

melihat mac address melalui command prompt CMD

Cara untuk melihat MAC Address seterusnya dengan memakai Command Prompt atau CMD. CMD sendiri sebagai program command line interpreter yang ada di mayoritas mekanisme operasi Windows dan dipakai untuk jalankan perintah yang diberi, satu diantaranya untuk ketahui MAC Address.

Langkah-langkah Melihat MAC Address Melalui Command Prompt (CMD)

  • Pertama membuka CMD. Anda dapat buka CMD dengan menulis “cmd” pada Start Menu Windows.
  • Apabila sudah terbuka, tulis perintah “ipconfig /all” pada CMD lalu pencet enter.
  • Nanti pada jendela CMD akan diperlihatkan info penting satu diantaranya MAC Address, dan Anda perlu pilih MAC Address yang mana ingin Anda kenali.
  • Jika Anda ingin cari MAC Address LAN, Anda dapat cari di bagian Ethernet adapter Ethernet.
  • Sedang jika Anda ingin cari MAC Address WiFi karena itu mencari sisi Wireless LAN adapter WiFi. MAC Address akan kelihatan di bagian “Physical Address”

3. Melihat MAC Address Melalui Setel untuk Android

Selainnya memakai netbook, Anda dapat ketahui MAC Address melalui setel pada handphone Android Anda. Triknya juga benar-benar cepat dan mudah, turuti beberapa langkahnya berikut ini!

Langkah-langkah Melihat MAC Address Melalui Setel untuk Android

  • Pertama kali membuka Setel atau Penataan di Android Anda.
  • Apabila sudah terbuka jendela Penataan, scroll ke bawah sampai Anda mendapati menu “About Phone” atau “Mengenai Telephone” lalu click menu itu.
  • Nanti dalam menu itu akan ada banyak menu berkaitan dengan info handphone Anda. Tentukan menu “Status” lalu click.
  • Seterusnya scroll ke bawah sampai Anda mendapati kolom “WiFi MAC Address” dan Anda akan melihat MAC Address handphone yang digunakan.

4. Melihat MAC Address Melalui Program

Beberapa pemakai Android dapat mengambil program gratis yang bisa dipakai untuk ketahui MAC Address dari handphone Anda.

Referensi program yang dapat Anda install ialah What’s My MAC Address atau MAC Address Finder.

Sesudah Anda mengambil program itu, Anda bisa jalankan program dan langsung melihat MAC Address yang Anda mencari.

Untuk program What’s My MAC Address misalkan, akan tercantum MAC Address dan info yang lain seperti supplier, merek, mode, WiFi, local IP, SSID, dan BSSID.

5. Melihat MAC Address Melalui Code Dial

Dengan memakai code dial ini, akan muda untuk Anda untuk ketahui alamat MAC piranti. Dapat digunakan untuk semuanya tipe HP dan piranti Android, triknya cukup hanya menulis ##29889##, selanjutnya pencet tombol dial pada HP.

Seterusnya langsung akan ada MAC address yang Anda perlukan, tidak perlu repot dengan cara susah yang cuman akan mengambil alih waktu.

6. Melihat MAC Address Melalui Wifi Seting

Ada cara yang termasuk gampang, untuk ketahui alamat MAC pada piranti Android, yakni melalui setel Wifi yang ada.

Langkah-langkah Melihat MAC Address Melalui Wifi Seting

  • Tentukan Menu Seting.
  • Click Pada tulisan Wifi.
  • Hubungkan piranti dengan Wifi yang ada.
  • Tentukan nama Wifi itu, selanjutnya tentukan penataan kelanjutan yang ada di sub menunya.
  • Akan ada MAC address pada segi kiri monitor selengkapnya, tulis atau screenshoot lalu taruh. Pakailah alamat itu kapan saja Anda memerlukannya.

7. Melihat MAC Address Melalui Seting Khusus HP

Anda bisa juga ketahui MAC address melalui penataan khusus HP Android, triknya lumayan gampang sekali. Yok turuti cara yang ada di bawah ini.

Langkah-langkah Melihat MAC Address Melalui Seting Khusus HP

  • Tentukan menu seting di halaman khusus HP.
  • Click mengenai telephone yang umumnya berada pada bagian bawah menu seting.
  • Tentukan Status yang bakal menerangkan banyak info mengenai HP itu.
  • Pada baris ke-4 atau lima akan kelihatan alamat MAC Wifi, itu MAC address yang bisa dipakai untuk atur koneksi internet Anda.

8. Melihat MAC Address Melalui What’s My MAC Address

Untuk membikin Anda lebih yakin mana alamat MAC yang betul, juga bisa ketahuinya dengan memakai kontribusi program.

Langkah-langkah Melihat MAC Address Melalui What’s My MAC Address

  • Anda perlu unduh program tambahan what’s my MAC Address pada HP Android.

aplikasi cek MAC Address

  • Yakinkan proses instal berjalan mulus sampai usai.
  • Membuka program dan request pengujian MAC address.
  • Info mengenai alamat MAC dan semua info berkaitan status HP akan diberi selengkapnya.

Anda dapat memperbandingkan datanya dengan data yang telah didapatkan dengan cara lainnya. Bila sama, maknanya alamat MAC yang Anda peroleh telah betul dan dapat digunakan untuk proses jaringan jaringan dan yang lain.

Apa Perbedaannya MAC Address Dengan IP Address?

cara cek mac address di android

Sesudah pahami berkenaan MAC Address, Anda tentu bertanya berkenaan apakah bedanya MAC Address dengan IP Address. Bila MAC Address sebagai alamat fisik dari sebuah piranti, IP Address berperanan untuk mengenali host pada jaringan.

MAC Address dibutuhkan supaya tiap piranti bisa berbicara, tetapi supaya komunikasi jaringan itu lebih simpel makan dibutuhkan IP Address. MAC Address tidak bisa diganti, sedang IP Address bisa selalu berbeda.

MAC Address benar-benar unik hanya karena ada satu di dunia, sedang IP Address bisa ditukar sesuai keperluan. MAC Address sebagai alamat fisik yang sudah diputuskan oleh NIC, sedang IP Address memiliki sifat rasional dan bisa dikonfigurasi lewat cara manual.

Itu cara melihat MAC Address pada netbook atau Android. Cara yang diberi Penulis di atas benar-benar cepat dan mudah, kan? Apa Anda telah memahami mengenai semua cara ketahui MAC address di Android? Waktunya untuk coba memberikan bukti sendiri, dengan pilih cara termudah dan tepat.

Maka tidak ada permasalahan kembali ketika akan menyambungkan piranti Android Anda pada koneksi internet yang ada.

Tags

Leave a Reply