Cara Cek Support MHL di HP Android

Cara Cek Support MHL di HP Android – Untuk pemakai handphone Android yang ingin menyambungkan monitor handphone ke monitor monitor, tentu ketahui feature MHL yang dipasangkan pada beberapa handphone tertentu. Tetapi karena tidak semua handphone memberikan dukungan feature ini, karena itu lebih dulu Anda perlu cari info sekitar cara cek support MHL di HP Android.

Tetapi untuk Anda yang belum ketahui apakah itu MHL, saat sebelum mengulas cara menyaksikan support MHL pada handphone lebih dulu silahkan mengulas pemahaman dan peranan MHL pada handphone.

Apa Itu MHL?

apa yang di maksud mhl

Tehnologi hebat yang ini diketemukan oleh Silicon Gambar, salah satunya perusahaan yang ikut memberinya sumbangsih pada standarisasi HDMI di saat ini.

MHL yang disebut ringkasan dari Mobile High-Definition Link, sebagai interface atau antar-muka standard untuk perlengkapan mobile audio video. Tehnologi ini memungkinkannya perangkat mobile seperti handphone agar bisa tersambung dengan TV atau perangkat lain.

MHL bisa lakukan data transfer secara cepat dan hasilkan kualitas terbaik. Misalnya pendistribusian data display pada handphone, hingga bisa diperlihatkan secara bagus dan seimbang saat Anda menyaksikan lewat monitor tv.

Apa Peranan MHL?

Handphone yang disokong oleh feature ini akan terima banyak faedah, satu diantaranya bisa lakukan screen mirroring. Screen mirroring sendiri memungkinkannya Anda agar bisa tampilkan apa yang kelihatan pada monitor handphone atau perangkat lain ke monitor TV.

Hingga Anda juga bisa memakai monitor TV untuk memutar file media, bermain games, dan tampilkan beberapa konten yang lain. Disamping itu karena tehnologi MHL, Anda juga bisa menyaksikan penampilan yang lebih jernih dan besar saat terhubung bermacam feature dan multimedia dari gawai Anda.

Dimulai dari melihat video berkualitas HD, melihat film berkualitas 4K, menyaksikan photo berkualitas high resolution, mainkan games dengan grafis tinggi, dan ada banyak kembali.

Bahkan juga dari sisi penampilan video, MHL juga ikut memberinya kualitas audio yang detil dan jernih sampai sekelas Surround Sound 7.1. Hingga tidak cuman gambar saja yang berkualitas tinggi, telinga Anda akan dimanja dengan output suara yang jernih dan menggelegar.

Secara singkat, tehnologi yang ini bisa mengganti monitor TV Anda jadi extender display dari handphone Anda.

Bagaimana Cara Cek Support MHL di HP Android?

Bagaimana Cara Cek Support MHL di HP Android

Sayang tidak semua merk dan type handphone sudah diberi dengan tehnologi MHL ini, hingga lebih dulu Anda perlu lakukan pengujian apa smartphone Anda terhitung salah satunya yang support dengan tehnologi hebat ini. Berikut cara cepat bagaimana menyaksikan support MHL di handphone Anda.

1. Cara Memeriksa Support MHL dengan Aplikasi Pihak Ke-3

Cara pertama kali yang bisa Anda coba kerjakan untuk menyaksikan apa gawai Anda support dengan feature MHL dengan mengambil aplikasi pihak ke-3 , yaitu MHL Checker.

Pertama kali membuka Google Play Toko yang berada di handphone Android Anda lalu tulis MHL Checker pada kolom penelusuran. Sesudah sukses terunduh dan dipasang, membuka aplikasi itu. Seterusnya click pada tombol “cek” buat menyaksikan apa aplikasi bisa mengecek support, nantikan sesaat sampai hasil pengujian ada pada monitor handphone Anda.

Jika perangkat handphone Anda tidak disokong feature MHL, maka tercantum icon silang (X) warna merah dengan tulisan “this piranti can’t support MHL connection” yang maknanya handphone Anda tidak diberi dengan feature MHL.

Kebalikannya, jika handphone Anda support dengan MHL maka tercantum info yang menerangkan jika feature MHL ada dan support dengan handphone Android Anda.

2. Cara Memeriksa Support MHL Tanpa Aplikasi

Selainnya meng-install aplikasi pihak ke-3 yang ada di Google Play Toko, Anda dapat lakukan pengujian support MHL pada handphone tanpa memakai aplikasi.

Langkah awal Anda perlu buka browser pada handphone Anda atau pada netbook. Seterusnya, membuka link berikut pada kolom penelusuran browser https://www.mhltech.org/devices.aspx. Kemudian check di bagian type perangkat dan tentukan “mobile”.

Apabila sudah, tentukan merk dan type handphone yang ingin Anda check apa support dengan feature MHL atau mungkin tidak. Jika merk dan type handphone Android Anda support dengan MHL, karena itu merk dan type handphone Anda akan tertera pada daftar yang tercantum di website itu.

Bagaimana Cara Memakai MHL?

Jika handphone Anda support dengan tehnologi MHL ini, karena itu cara seterusnya yang perlu dilaksanakan ialah menyiapkan perlengkapan untuk menghubungkan handphone ke TV. Anda membutuhkan kabel atau MHL Adapter yang dipakai sebagai connector untuk menyambungkan handphone ke TV.

Penting diingat jika adapter MHL untuk handphone Android itu harus mempunyai connector dengan tipe Mikro USB. Adapter itu harus juga diperlengkapi dengan port HDMI buat memasangkan kabel HDMI ke arah port HDMI pada TV. Bila perangkat itu sudah Anda siapkan, karena itu Anda sudah siap untuk coba memakai MHL.

Tetapi selainnya handphone yang support MHL, TV yang hendak Anda hubungkan dengan handphone itu harus juga support dengan tehnologi MHL. Hingga Anda pun perlu pastikan apa TV di dalam rumah Anda bisa memberikan dukungan feature ini atau mungkin tidak.

Ada Berapakah Versi MHL?

Di awal keberadaannya pada tahun 2010 lalu, MHL datang dengan versi 1.0 yang selanjutnya ditawarkan pada tahun 2011. Seiring waktu berjalan, MHL versi 2.0 lalu ikuti tapak jejak versi awalnya berperforma yang lebih bagus juga. Ke-2 versi itu cuman bisa berperan untuk tampilkan video dengan kualitas optimal Full HD 1080p.

Tetapi jika Anda mempunyai TV dan handphone berkualitas 4K, karena itu MHL versi 3.0 sebagai opsi pas untuk Anda. Karena versi terkini itu mengangkat kekuatan transfer rate yang lebih andal bila dibanding dengan 2 versi awalnya.

MHL versi 3.0 memberikan dukungan Surround Sound 7.1 Dolby TrueHD, pola 4K (3840 x 2160), dan sanggup tampilkan display lebih satu atau multiple output.

Bagaimana Bila Handphone Android Tidak Support dengan Feature MHL?

Sesudah lakukan pengujian dan rupanya handphone Android Anda tidak support dengan feature MHL, Anda tidak perlu cemas. Masalahnya Anda masih tetap bisa menyambungkan handphone ke TV memakai cara lain yaitu dengan alat namanya handphone cable converter 3 in 1.

Alat yang ini terbagi dalam beberapa port yaitu port HDMI, port USB, dan port USB type C. Agar bisa memakainya, Anda perlu kontribusi aplikasi pihak ke-3 yaitu Drongscreen.

Pertama kali ambil dan pasang aplikasi itu di handphone Anda, apabila sudah membuka aplikasi. Seterusnya aktifkan bluetooth, mencari pilihan pengembang dalam menu settings lalu aktifkan pilihan pengembang itu. Kemudian rakit alat, lalu hubungkan alat itu dengan handphone dan TV Anda.

Demikian cara cek support MHL di HP Android yang bisa Anda coba kerjakan. Hingga sekarang Anda salurkan data display pada handphone dan bisa diperlihatkan pada monitor TV secara full HD atau 4K. Selekasnya cek apa handphone Anda support dengan feature MHL atau mungkin tidak saat ini !

Tags

Leave a Reply