cara mengatasi blue screen windows 7 dan 10

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 & 10 – Salah satunya persoalan yang kerap ada untuk pemakai windows ialah ada Blue Screen. Permasalahan yang ini bisa jadi terjadi dan serang baik itu pada komputer atau laptop.

Blue screen atau yang sebetulnya namanya Blue Screen of Death (BSOD) ialah keadaan di mana Windows cuman akan munculkan warna biru pada monitor monitor. BSOD ini ada karena ada sebuah kekeliruan yang ada di software atau hardware yang ada di laptop atau komputer itu.

Daftar Isi

Penyebab Blue Screen pada Laptop dan Komputer

cara mengatasi blue screen windows

Pemakaian laptop atau komputer menjadi barang primer. Laptop dan komputer sekarang telah menjadi satu diantara barang yang tidak dipisahkan dari dinamika warga digital. Karena itu, jika laptop atau komputer alami kerusakan, pasti kegiatan setiap hari akan terusik. Salah satunya kerusakan yang umum dirasakan ialah Blue Screen.

Penyebab Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSoD) pada laptop dan komputer ialah saat terjadi saat mekanisme operasi Windows alami kekeliruan (error) hingga mekanisme operasi mau tak mau disetop (setop). Penyebab Blue Screen cuman terjadi pada mekanisme operasi Windows atau mekanisme operasi berbasiskan Windows (misalkan pada beberapa mesin ATM atau mekanisme operasi ReactOS).

Penyebab Blue Screen pada laptop atau komputer ini sebetulnya benar-benar bermacam. Untuk menanganinya karena itu dibutuhkan untuk ketahui pemicunya lebih dulu. Disamping itu, langkah menangani keadaan ini dapat dilaksanakan secara berdikari di dalam rumah.

Berikut ialah pembahasan berkenaan penyebab Blue Screen pada laptop atau komputer dan langkah menanganinya yang sudah diringkas oleh Penulis dari beragam sumber.

1. Driver Alami Kerusakan

Penyebab Blue Screen pada laptop atau komputer dapat bermacam. Satu diantaranya ialah saat driver alami kerusakan. Bila menjumpai keadaan ini, secara umum di monitor laptop dan komputer yang warna biru akan ada pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan code “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”.

Penyebab Blue Screen ini secara umum karena mekanisme operasi tidak bisa mengetahui atau membaca piranti baru secara baik. Hingga driver yang manual atau automatis diinstal alami kerusakan (jatuh).

Hardware bisa menjadi penyebab Blue Screen, bila Anda memakai komputer PC dan memberbarui salah satunya elemen (misalkan VGA Card) umumnya Anda akan disuruh untuk meng-install driver. Istilah Driver di sini ditujukan untuk “memperkenalkan” piranti keras yang baru ke mekanisme operasi hingga mekanisme operasi bisa mengenal piranti itu sesuai perannya. Bila driver dan mekanisme yang Anda install tidak pas karena itu ada terjadi kerusakan atau erorr.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab Blue Screen ke-2 yaitu berlangsungnya kerusakan di partisi atau file systemnya. Ini terjadi pada file tidak pada Harddisk. Oleh karena itu, coba cek apa kabel SATA/IDE hardisk sudah dipasang secara benar dan check partisi dengan chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab Blue Screen yang lain ialah :

a. Overheat (temperatur pada laptop terlampau panas).

b. Overclocking yang terlalu berlebih.

c. Prosesor yang corrupt.

d. BIOS yang corrupt.

Bila hal itu terjadi, karena itu Anda dapat mematikan laptop atau komputer lebih dulu selanjutnya yakinkan apa mekanisme pendingin atau kipas dalam laptop atau laptop bekerja secara baik atau mungkin tidak. Bila tidak, karena itu Anda dapat memasangkan kipas external sebagai tambahan elemen pendingin.

4. DATA_BUS_ERROR

Slots memory yang penuh atau erorr bisa menjadi salah satunya penyebab Blue Screen. Oleh karena itu, salah satunya langkah untuk menanganinya dengan menukar RAM yang baru.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab Blue Screen pada laptop dan komputer ini bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada hardware, intinya pada Memori (RAM), VGA, dan memori pada prosesor (L2 cache).

Penyebab Blue Screen pada Laptop atau Komputer yang Yang lain

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Disamping itu, penyebab Blue Screen ini dapat muncul karena status jumper pada harddisk yang keliru lalu juga bisa karena Driver IDE controller yang keliru dan Virus Boot sector. Oleh karena itu Anda dapat mengecek keadaan kabel IDE, membersihkan virus pada boot sector dan mengatur kembali jumper pada harddisk.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kekeliruan saat instalasi driver VGA bisa menjadi salah satunya penyebab Blue Screen, oleh karena itu, Anda dapat lakukan instal ulangi driver VGA Anda, yakinkan dengan driver yang telah terkini.

8. BAD_POOL_CALLER

Penyebab Blue Screen ini bisa juga karena kekeliruan di saat instalasi OS (umumnya terjadi pada Windows XP). Karena itu Anda dapat pastikan ulangi kaset CD installer tidak hancur atau corrupt langkah paling akhir untuk membenahi Blue Screen dengan meng-install ulangi laptop. dan yakinkan CD windows atau ISO tidak corrupt, bila sesudah install ulangi tetap tidak sukses kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware.

9. Status Sistem Process Terminated

Error ini karena ada permasalahan pada winlogon.exe atau pada klien server runtime subsystems (CRSS). Bisa saja dikarenakan oleh satu pemakai dengan tingkat administrator mengubah satu file utama pada mekanisme windows. Pesan yang diperlihatkan ji8ka terjadi error ini yakni 0Xc000021A.

10. Tidak berhasilnya Driver Dengan Power Manajemen

Power Manajemen Sistem (PMS) ialah Mekanisme Pantauan dan Metering Kelistrikan Jarak Jauh yang diawasi secara real time (terus-terusan) dan berbarengan (bertepatan). Saat power manajemen tidak pas dengan driver atau servis yang jalan, maka terjadi blue screen dengan code 0X0000009F. Umumnya terjadi di saat komputer lakukan “hibernasi”.

 

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Pada Laptop dan PC

cara mengatasi blue screen windows 7

Cara pertama untuk memberinya bantuan saat computer telah alami permasalahan sebagai berikut;

1. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Melalui Re-start Computer

pertama kali yang memang seharusnya dilaksanakan dengan lakukan re-start lebih dulu pada computer atau netbook. Re-start dilaksanakan dengan pencet tombol restarst selanjutnya nantikan.

Nantikan sampai computer atau netbook usai lakukan booting. Sesudah booting usai bila computer memanglah belum alami kerusakan yang kronis langsung akan normal kembali. Tetapi, saat langkah ini pun tidak dapat menangani Blue Screen of Death, karena itu seterusnya anda dapat lakukan cara yang ke-2 di bawah ini. (Baca : Langkah Percepat Startup Computer Super Cepat , Langkah Tingkatkan Performa Netbook yang Lemot)

2. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Memakai Langkah Sistem Restore

Selainnya re-start, bantuan pertama kali yang dapat dilakukan saat computer atau netbook barusan alami Blue Screen dengan lakukan sistem restore pada computer.

1. Matikan Computer atau Netbook Lebih dulu

Pertama kali, matikan lebih dulu computer yang telah munculkan blue screen barusan dengan pencet power button yang ada di computer selanjutnya tahan sampai computer pada kondisi off yang prima. (Baca : Langkah Hidupkan dan Mematikan Computer dengan Betul)

2. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Dengan Hidupkan kembali computer atau netbook

3. Click F8

Sesudah computer dihidupkan pada kondisi booting click F8. Selanjutnya anda akan masuk ke jendela yang memberikan opsi booting.

4. Tentukan Safe Model

PIlih booting safe model selanjutnya nantikan sampai booting safe model usai.

5. Masuk ke Operasi Mekanisme Safe Model

Untuk sistem ini seterusnya yang perlu anda kerjakan ialah click start windows >> kontrol panel >> sistem dan security >> action center >> recovery >> open sistem restore >> next >> next >> finis >> yes. (Baca : Peranan Mekanisme Operasi Komputer)

6. Computer Re-start Automatis

Selanjutnya computer atau netbook akan lakukan re-start dan diamkan saja netbook dan computer lakukan booting tertentu. (Baca : Computer Kerap Re-start)

Bila langkah ini sukses selanjutnya anda akan memperoleh penampilan computer yang normal dan tidak lagi ada dumping memori atau Blue Screen of Death.

3. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Memakai Langkah Repair Sistem Operasi Windows

Bila langkah di atas belum sukses untuk kembalikan Windows 7 dalam netbook atau kmputer pada keadaan yang sebelumnya, selanjutnya anda dapat lakukan langkah ke-2 yakni dengan memakai sistem Repair Sistem Operasi Windows. Untuk langkah ini dipakai untuk menangani permasalahan Blue Screen of Death yang umumnya muncul karena ada file windows yang corrupt. Langkah ini membutuhkan DVD operasi sistem Windows yang selanjutnya dipakai untuk lakukan repair pada windows. (Baca : Keunggulan dan Kekurangan Windows 10 Pro Final , Riwayat Microsoft Windows)

4. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Memakai Langkah Instal Up-date Driver

Bila netbook atau computer masih alami Blue Screen of Death juga bisa dilaksanakan pembaruan dengan lainnya yakni dengan memasang up-date driver. Hampir serupa dengan lakukan repair, perbedaannya untuk install up-date driver ini karena ada jatuh karena up-date yang tidak pas atau ada up-date yang belum usai. Langkah untuk lakukan ini dengan lakukan unduh driver terkini dari piranti yang anda punyai. Dengan dapat menangani permasalahan BSOD dan computer kembali sembuh. (Baca : Beberapa ciri Hard disk hancur , Peranan Hard disk)

5. Memakai Langkah Scan Malware

Ada langkah lain kembali, jike memang up-date atau repair belum memberinya hasil baik dan belum memberikan computer yang lebih baik. Triknya dengan Scan Malware. Malware dapat menjadi salah satunya pemicu yang mengakibatkan Windows alami ketidak stabilan dari mekanisme. Malah malware ini dapat menghancurkan sisi terdalam Windows atau sisi yang paling dahulu dari Windows. Untuk menanganinya, jalan keluarnya dengan lakukan scan antivirus pada Malware.

6. Memakai Langkah mengecek Hardware

Jika saja belum kembali lagi ke model yang sebelumnya walau telah lakukan pembaruan dengan memakai software karena itu selanjutnya yang perlu anda lihat ialah sisi hardware dari computer. Anda dapat lakukan pengujian di bagian hardware dengan lakukan check di bagian Hard disk lebih dahulu. Hard disk yang mempunyai keadaan yang telah hancur atau buruk bisa juga mengakibatkan berlangsungnya Blue Screen of Death pada netbook atau paga computer. (Baca : Pemicu Harddisk External tidak Bisa dibaca dan Teridentifikasi , Tipe Tipe Harddisk)

Bila hard disk tidak teridentifikasi permasalahan yang memiliki arti, karena itu selanjutnya anda bisa juga lakukan pengujian pada RAM yang ada di computer atau netbook. Langkah untuk lakukan pengujian Hard disk atau RAM ini dengan membuka Start Menu selanjutnya tuliskan Memori Diagnostics Tool. (Baca : Pemicu RAM PC Penuh , Bahasa Pemrograman Situs Paling Terkenal)

7. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Memakai Langkah Instal Ulangi Windows

Bila netbook atau computer masih belum membuat netbook atau computer jadi pada keadaan yang bagus dengan lakukan install ulangi windows. Langkah ini ialah langkah untuk membuat ulangi Windows yang ada di netbook atau computer hingga tidak kembali alami kerusakan seperti Blue Screen of Death. Tetapi, bila langkah ini belum sukses karena itu permasalahannya ialah berada pada hardware dari piranti computer anda.

 

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

cara mengatasi blue screen windows 10

Berikut akan saya kumpulkan kiat-kiatnya. Selebihnya, Anda dapat cari yang mana kiranya Anda perlukan.

Tetapi jika justru kebingungan, lebih bagus turuti saja satu demi satu, agar aman.

1. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan Troubleshoot

Troubleshoot ini ialah feature bawaan Windows 10, yang berperan untuk membenahi error-error secara automatis.

Cara ini umumnya efisien saat permasalahan bluescreen karena permasalahan bawaan mekanisme.

Langkahnya:

Membuka Kontrol Panel lebih dahulu (mencari lewat kolom search)
Selanjutnya silahkan click Sistem and Security > Security and Pemeliharaan
Di situ akan ada menu Security dan Pemeliharaan
Silahkan membuka menu Pemeliharaan lalu click Start Pemeliharaan
2. Check Code Error Menggunakan Program

Saat Windows 10 alami blue screen, kode-kode yang kita saksikan sebetulnya akan disimpan ke mekanisme.

Sayang, ada banyak yang belum mengetahui, bagaimana cara untuk memeriksa code itu.

Cara ketahuinya:

Triknya mudah, kok. Coba unduh saja program BluescreenView (gratis).
Sesudah aplikasinya sukses terpasang, silahkan Anda membuka
Selanjutnya check kodenya. Di situ akan tercantum pemicunya. Gampang kan?

Menggunakan code itu, Anda dapat browsing di internet selanjutnya tentang pemicu permasalahannya. Umumnya akan bertemu jalan keluarnya kelak.

3. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan Menghapus Program yang Paling akhir Diinstall

Blue screen bisa juga mengambil sumber dari program tertentu, lho. Khususnya tipe program yang terkait dengan mekanisme.

Untuk Windows 10, cara hapusnya dapat turuti beberapa langkah ini:

Ke Kontrol Panel (dapat mencari melalui kolom search).
Masuk pada menu Uninstall a Program.
Lalu hapus program yang diduga jadi pemicunya.

Catatan:

Silahkan ingat kembali program paling akhir yang Anda install dan diduga sebagai pemicunya.
Karena mustahil kan jika kita hapus semua program yang ada?

Baca : Cara Masuk Safe Model Windows 10 dengan Gampang.

4. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan Menginstall Ulangi Driver VGA

Driver VGA adalah yang tersering running di mekanisme. Oleh karena itu, ini penting kita lihat.

Jika sampai ada corrupt, dapat mengakibatkan Windows 10 Anda jadi error.

Jalan keluarnya mudah, silahkan reinstall driver VGA-nya, atau sekaligus saja up-date ke versus terkini.

Disamping itu, yakinkan aplikasinya telah sesuai mekanisme di computer Anda (32 bit atau 64 bit).

5. Hapus File Temporary

File temp, file cache, ataupun lebih terkenal dikatakan sebagai junk files, ialah kelompok data yang automatis ada saat Windows dipakai.

Umumnya, file temp ini berperan untuk percepat performa mekanisme. Tetapi terkadang bisa juga mengakibatkan Windows 10 justru jadi blue screen.

Cara menghapusinya:

Click tombol Windows + R.
Di Run, tulis “temp”, lalu click OK.
Hapus semua folder dan file yang berada di directory Temp.

6. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Melalui Up-date Mekanisme Windows 10 Anda

Di komunitas tehnologi yang saya turuti, beberapa pemakai Windows 10 ada yang mengeluh kerap alami blue screen di versus tertentu.

Sesudah dijelajahi pemicunya, rupanya ini muncul karena mekanisme yang dipakai memiliki kandungan bug.

Bila Anda pun mengalami keadaan ini, jalan keluarnya silahkan mengupdate. Umumnya dapat ditangani.

Catatan:

Tetapi jika kebalikannya, di mana blue screen malah muncul sesudah up-date, karena itu silahkan kerjakan rollback, supaya versinya dapat dibalikkan ke awalnya.

7. Check Temperatur Elemen

Walau computer dan netbook telah ada pembatasan temperatur supaya terbebas dari overheat, tetapi pada suhu tertentu, blue screen bisa terjadi.

Oleh karenanya, memeriksa temperatur elemen benar-benar dianjurkan untuk dilaksanakan. Maksudnya supaya kita dapat ketahui, kapan saat yang pas untuk turunkan temperaturnya.

Bagaimana cara ceknya? Anda dapat mencoba program HWMonitor. Lewat program itu, suhu tiap elemen bisa dijumpai.

8. Stop Overclocking

Saya sendiri sebetulnya kerap lakukan OC di PC saya. Khususnya jika kembali memburu score benchmark tertentu (main-main saja).

Karena itu, di sini saya dapat mengetahui, jika komposisi overclocking yang keliru, malah dapat mengakibatkan blue screen.

Pada dasarnya, di sini saya ingin merekomendasikan agar Anda hentikan dahulu overclocking yang Anda kerjakan di computer atau netbook itu.

Catatan:

Untuk cara hilangkan komposisi overclock, dapat mengatur ke standar
Atau mungkin dengan kembalikan penataan BIOS ke standar. Langsung di BIOS atau clear CMOS.

9. Check Elemen Normal atau Tidak

Tiap elemen, baik itu PC atau netbook, tentu saja punyai usia penggunaan yang berbeda . Maka, bukan mustahil jika salah satunya elemen PC atau netbook Anda ada yang hancur.

Berkaitan permasalahan kita sekarang ini, umumnya sich umumnya karena dari RAM atau VGA.

Coba periksa kesehatan ke-2 elemen itu. Triknya dapat mencari di Google, atau untuk VGA di website ini ada juga (dapat mencari gunakan feature search).

10. Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan Scan Memakai Antivirus

Ini sebenarnya cukup jarang ada, sich. Tetapi virus bisa juga membuat Windows jadi blue screen.

Bila memang karena virus, karena itu jalan keluar untuk menanganinya tidak susah. Anda tinggal kerjakan scanning virus saja.

Kebenaran, di Windows 10 bahkan juga telah ada antivirus bawaan, yaitu Windows Defender. Silahkan coba scan memakai program antivirus itu.

Cara ini cukup direferensikan oleh beberapa situs tehnologi paling dipercaya. Satu diantaranya, seperti Winpoin.com.

11. Reinstall Windows 10 Anda

Untuk error mekanisme, kerap kali pemicunya memang susah ditemukan. Karena itu, pilihan install ulangi Windows dapat disebut ialah jalan keluar yang paling efisien dan termudah dilaksanakan.

Oh iya, selainnya install ulangi, Anda bisa juga coba pilihan yang lain. Misalkan dengan memakai feature reset.

Penutup

Inilah ulasan tentang Penyebab dan cara mengatasi blue screen windows 7 dan 10. Sebenarnya, masih tetap ada beberapa jalan keluar yang lain yang dapat Anda kerjakan. Tetapi, apa yang telah ada di atas barusan sebagai jalan keluar yang saya kira paling efisien untuk dilaksanakan.

Leave a Reply