Cara Mengatasi PES Stopped Working/Tidak Bisa Dijalankan

Banyak gamer yang menyukai dengan game sepak bola. Satu diantaranya PES. Dari seri WE9 sampai seri PES terkini saat ini, nyaris semuanya selalu mendapatkan animo dari beberapa fans.

Nach, buat yang telah akrab dengan beberapa seri PES itu, tentu sukai memasangkan patch untuk membikin permainan menjadi lebih hebat kan?

Tetapi permasalahannya, terkadang ini malah membuat PES keluar sendiri, crash, atau juga dikenal dengan istilah force close (has stopped working).

Cara Mengatasi PES Crash atau Stopped Working

Selainnya patch, PES yang alami crash bisa disebabkan karena beberapa hal yang lain. Misalkan, karena minimnya file mekanisme sampai proses install yang keliru.

Jika kita telah terbiasa, kemungkinan keadaan seperti ini bukanlah permasalahan besar kembali. Tetapi untuk yang pemula, permasalahan ini terkadang buat pusing, karena tidak jarang-jarang permasalahannya jadi bersambung.

Oleh karenanya, di sini saya ingin mengulas jalan keluarnya, untuk semuanya seri PES yang salah satunya mencakup:

  • PES 2013 (ataupun lebih lama)
  • PES 2016
  • PES 2017
  • PES 2018
  • PES 2019
  • PES 2020
  • PES 2021 dan sebagainya

Langsung kita ulas:

1. Cek Spek PC atau Laptop yang Dipakai

Pertama, cek dahulu saat sebelum install PES, apa PC kita telah penuhi syarat minimal? Bukan apapun, tetapi tidak sedikit pemain PES yang kurang ketahui dengan detil berkenaan spek PC atau netbooknya.

Memang, apa hubungan?

Benar-benar terkait. Spek PC atau laptop yang tidak penuhi syarat, akan membuat gameplay jadi lag, bahkan juga bisa sampai jadi crash.

Bagaimana cara memeriksanya? Ada 2 cara yang hendak saya bagi di sini. Berikut tutorialnya:

Cara Pertama:

  1. Coba cek spek PC atau laptop yang dipakai melalui aplikasi Speccy.
  2. Selanjutnya lihat kembali system requirements dari seri PES dimainkan.
  3. Pastikan spesifikasinya telah penuhi syarat, ya.

System Req PES 2019

Cara Ke-2 :

Membuka Settings.exe PES.

Selanjutnya cek pada bagian Spesification.

Pastikan tidak Unable. Minimum OK lah.

Settings PES

2. Pastikan File Support yang Diperlukan Dipasang

Semua game -tidak kecuali PES- memerlukan beberapa file tertentu, supaya bisa dijalankan secara lancar di computer atau laptop.

Nach, file sistem yang saya tujuan di sini diantaranya:

  • DirectX
  • VC Credist
  • .NET Framework

Ini sangat penting. Karena bila ada satu dari tiga file di atas yang belum terinstal, efeknya akan membuat PES jadi error saat dimainkan.

d3dx943

Misalkan, permasalahan “d3dx9_43.dan lain-lain is missing“. Ini dikarenakan oleh kita belum memasangkan file DirectX.

Cara Menanganinya:

Silahkan install file DirectX, Microsoft Visual C, dan Microsoft.NET Frame-work (versus terkini) di PC/laptop yang dipakai untuk jalankan PES.

3. Coba Hapus Patch

Patch PES

Permasalahan patch, kerap menyebabkan PES alami crash.

Ada banyak patch untuk PES yang bisa diinstall. Seperti rumput, sepatu, fase, bahkan tweak grafis ada juga.

Walaupun banyak, pasti tidak semua patch bisa bekerja yang baik saat dipakai. Permasalahan seperti tidak cocok bisa membuat jadi stopped working.

Cara Menanganinya:

Ingat patch yang akhir kali diinstall. Selanjutnya coba hapus patch itu, atau balikkan kembali ke keadaan awalnya.

Nach, bila Anda coba menukar file .cpk, sebaiknya untuk meng-backup dahulu file originalnya, agar gampang dibalikkan bila terjadi error.

4. Reinstall PES

Cara seterusnya dan yang menurut saya paling efisien, yaitu dengan lakukan reinstall PES.

Saya sendiri pernah merasakan permasalahan crash di PES 2018 saya, entahlah karena apa. Spek PC telah lebih dari cukup, file support telah lengkap, dan patch juga saya hapus. Tetapi tidak punya pengaruh sama sekalipun.

Pada akhirnya, saya coba lakukan uninstall PES, selanjutnya install kembali seperti umumnya. Dengan demikian, PES bisa jadi kembali normal.

NB: Sebaiknya baca dahulu Cara Uninstall Software/Game Sampai Bersih, lalu silahkan install kembali PES-nya seperti umumnya.

5. Install Ulang Windows

Nach, cara paling akhir yang bisa diambil bila 4 cara di atas belum work , ingin tidak ingin harus coba lakukan reinstalling Windows.

Saya anjurkan untuk lakukan install ulang, karena bisa saja Windows Anda terserang virus, atau mekanismenya ada yang error. Apa mengakibatkan? Hal itu bisa berpengaruh pada beberapa game yang ada, terhitung PES.

Dahulu waktu saya main PES 2013 di laptop ini. Sesudah saya install ulang, sukses kembali normal.

Penutup

Artikel ini saya bikin sebagai rangkuman, bila ada pengunjung website ini yang menanyakan “mengapa PES saya sukai berhenti sendiri?”.

Nach, harus diingat, kemungkinan ada factor lain kembali di luar 5 jalan keluar di atas, seperti file PES ada yang corrupt atau yang lain.

Karenanya, bila Anda telah coba 5 panduan di atas, tetapi tetap error , tidak ada kelirunya untuk menanyakan melalui kotak komentar di bawah. Mungkin saya bisa tolong.

Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply