sayangnya layanan google play telah berhenti

Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti – Ini sebagai salah satunya permasalahan yang seringkali ada di HP Android. Dan untuk pemakai piranti berbahasa Inggris pesan yang tampil ialah “Unfortunately Google Play Servis Has Stopped”.

Umumnya, masalah ini ada di HP-HP yang periode memakainya telah lumayan lama. Kemungkinan beberapa bulan, atau bahkan juga sekian tahun.

Eror seperti ini sebetulnya bukan permasalahan besar. Tetapi notifikasinya itu, lho… Kacaukan sekali, Masalahnya ada terus-terusan sich

Pesan ini maknanya App Google Play Services berhenti secara paksakan (force closed) yang biasanya dikarenakan oleh kekeliruan software atau persoalan jaringan, walau sebenarnya App ini harus ada pada suatu piranti yang jalan dengan OS Android.

Selengkapnya:

File Cache Google Play Menimbun: Perbedaannya, cuman file cache pada layanan Google Play saja yang memengaruhinya (bukan mekanisme).

Servis Outdate: Google Play Services sebetulnya selalu mengupdate secara automatis. Kemungkinan ada penataan tertentu, yang membuat up-date itu tidak berperan.

Bug App: Ini luas kembali sebetulnya. Tetapi jika bisa disederhanakan, rerata sebagai dampak dari instal App tertentu, terutamanya yang terkait dengan mekanisme.

Sedang untuk jalan keluarnya, saya anggap tidak demikian susah, kok.

Masalahnya, saya sendiri sudah tidak jarang-jarang kembali menjumpai error ini . Maka sangat terlatih untuk melakukan perbaikan.

Langkah Menangani sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti, turuti beberapa langkah ini

Restart Handphone

Restart Handphone, sebagai langkah pertama kali yang benar-benar direferensikan.

Beberapa orang yang sukses hentikan pemberitahuan sayangnya layanan Google Play telah berhenti ini, cukup dengan lakukan re-start saja.

Langkahnya:

Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Pencet tombol power HP

Selanjutnya ketok re-start

Nantikan sesaat sampai load usai

Selanjutnya check apa pesan “sayangnya, layanan Google Play telah berhenti” masih ada atau mungkin tidak.

Catatan:

Saat HP di-restart, karena itu memory pada mekanisme akan di-refresh. Hingga error-error yang ada dan terdaftar akan lenyap.

Anda juga bisa coba matikan HP > Terlepas battery > Selanjutnya pasang lagi battery dan hidupkan kembali HP-nya.

Disamping itu, peluang versus Google Play Services yang dipasang tidak pas untuk piranti Android kamu. Ini dapat muncul karena HP Android mempunyai berbagai macam tipe dan merek sementara Google Play Services dibuat unik, bisa saja tanpa menyengaja Google memberinya versus yang keliru.

Force Stop Google Play dan Google Play Services

Bila beberapa cara awalnya belum juga baik untuk menangani permasalahan sayangnya layanan Google Play telah berhenti, karena itu langkah seterusnya yang dapat kamu kerjakan dengan lakukan Force Stop Google Play dan Google Play Services, geng.

Dengan lakukan cara ini, karena itu apa saja yang ditangani baik oleh Google Play atau Google Play Services akan disetop secara paksakan dan App akan keluar seutuhnya dari background.

Kamu dapat lakukan Force Stop Google Play lewat halaman seting App, sama seperti yang telah Jaka terangkan di langkah hapus Cache awalnya.

Saat itu, untuk langkah hentikan layanan Google Play sendiri tetap sama, kamu perlu pilih tombol ‘Force Stop’.

Update Google Play

Kasus ini kerap saya rasakan sebentar sesudah lakukan flashing ROM atau up-date ROM.

ROM baru yang dipasang rupanya masihlah memakai Google Play Store dan Google Play Services versus usang hingga ada error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti”.

Langkah yang lain yang cukup remeh tetapi kemungkinan kerap kamu acuhkan, yakni dengan up-date App Google Play kamu ke versus yang lebih baru.

Kamu dapat melakukan dengan menghidupkan auto up-date App, hingga Google Play tidak akan ketinggal versus.

Untuk menghidupkan auto up-date, kamu dapat mengatur dalam App Google Play dengan berikut ini:

Cara 1 – Membuka setting dalam App Google Play

pengaturan google play
Penataan bisa kamu dapatkan dalam App Google Play, lalu click tiga strip di sudut atas kiri.

setting google play

Click Settings.

Cara 2 – Hidupkan Auto Up-date

setting auto update google play
Tentukan Auto-update apps, lalu tentukan di antara Over Wi-Fi only atau Over any network.

Mengatur Tanggal dan Waktu dengan Betul

Pemicu lain timbulnya error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti” bisa disebabkan hal remeh misalnya kekeliruan penataan Tanggal dan Waktu.

Jalan keluarnya, mengatur Tanggal dan Saat yang betul dengan :

Masuk ke Setel / Penataan;
Tentukan Tanggal dan waktu;
Jika ada akses internet, mengatur semua ke Tanggal dan waktu automatis tetapi jika tidak ada mengatur lewat cara manual.
Seterusnya Restart Handphone dan check apa permasalahan tersudahi.

Hapus Cache Google Play

Cache sebuah data yang disimpan sementara yang bakal menolong kamu untuk masuk kembali lagi ke halaman awalnya tanpa wajib melakukan reload.

Tetapi, kadang cache ini bisa saja permasalahannya, hingga kamu harus menghapusinya. Triknya juga lumayan gampang.

Cara 1 – Masuk ke Pengaturan App Google Play Store

Masuk ke halaman Seting pada HP, lalu tentukan Apps. Tentukan Google Play Store.

Sumber photo: JalanTikus (Ini adalah cara langkah menangani Google Play Store berhenti di Samsung. Tetapi, kamu bisa juga aplikasikan pada merk HP yang lain).

Cara 2 – Hapus Cache

Tentukan Penyimpanan, lalu click Clear Cache.

Sampai di tahapan ini, kamu telah sukses untuk hapus cache Google Play. Saat ini kamu tinggal membuka kembali App Google Play di HP dech. Mudah, kan?

Tetapi, jika rupanya cara langkah menangani sayangnya layanan Google Play telah berhenti di atas belum juga sukses, kamu dapat pakai langkah berikutnya di bawah ini.

Hapus Data Google Play (Langkah tangani layanan Google Play telah berhenti paling ampuh)

Seterusnya dengan hapus data Google Play di HP kamu. Ini akan mengakibatkan semua data yang diletakkan dalam Google Play akan terhapus.

Tetapi, App Google Play masih tetap terinstall di HP kamu. Langkah untuk menghapusinya lumayan gampang, kamu tinggal turuti cara hapus Cache.

Tetapi, ini kali tentukan ‘Clear Data’ dalam penataan penyimpanan. Lantas, membuka kembali Google Play kamu dan ambil ulangi atau up-date aplikasinya.

Sumber photo: JalanTikus (Hapus data App sebagai salah satunya langkah menangani layanan Google Play Store telah berhenti di Samsung atau merk HP yang lain).

Sesudah usai up-date, karena itu semestinya layanan Google Play bisa dipakai kembali.

Hapus Account Google dan Pasang Kembali

Kadang HP Android tidak berhasil masukkan Google Akun secara benar, ini dapat menjadi pemicu timbulnya error “Unfortunately, Google Play Servis Has Stopped”.

Jalan keluarnya, hapus account Google yang dipasang selanjutnya pasang lagi.

Langkah remove Google Akun :

  • Masuk ke Penataan / Setelan;
  • Tentukan Account atau Sinkron;
  • Seterusnya tentukan Account Google dan Hapus Account.
  • Restart Handphone dan coba masukan kembali account Google.

Pindahkan Jaringan Data Cellular ke Wi Fi

Jaringan jaringan yang lelet atau mungkin tidak konstan menjadi pemicu timbulnya error “Sayangnya Layanan Google Play telah Berhenti”.

Jalan keluarnya :

Coba berpindah ke arah tempat yang jaringannya lebih baik; atau

Matikan data dan berpindah ke jaringan Wi Fi bila ada.

Matikan VPN

Salah satunya pemicu Google Play kamu memiliki masalah ialah pemakaian VPN yang membuat App Google Play jalan dalam versus luar negeri.

Memang App VPN ini bisa dipakai untuk memasang App yang tidak berada di Indonesia. Misalnya ialah games yang telah terlebih dahulu launching di negeri aslinya.

Tetapi, memakai VPN bisa memunculkan eror dan mengakibatkan layanan Google Play telah berhenti bekerja.

Pasti langkah yang bisa kamu kerjakan ialah mematikan VPN yang menjadi bawaan HP kamu atau lewat App VPN.

  • Reset Ulangi Preferences App
  • Untuk yang belum mengetahui, preferences ialah sebuah pilihan seting di mana mekanisme dapat simpan semua komposisi App, terhitung Google Play.
  • Nach, dengan lakukan reset preferences itu, diharap dapat menolong Anda untuk menangani pesan “Google Play Services Has Stopped” (Telah Berhenti).
  • Untuk langkah reset-nya, dapat turuti panduan berikut ini:
  • Membuka Setel HP.
  • Ke App.
  • Click pertanda titik tiga (pada bagian atas kanan).
  • Click Hapus Opsi Data App.
  • Lalu click Reset App.
  • Apabila sudah, coba Restart Handphone Anda, lalu periksa lagi pemberitahuan error-nya yang ada.
  • Oh iya, sedikit catatan, ada versus mekanisme Android yang tidak dapat lakukan ini. Hanya beberapa saja yang dapat.

Re-start atau Faktory Reset HP

Langkah paling akhir yang bisa kamu kerjakan ialah re-start sampai faktory reset HP kamu hingga Google Play bisa bekerja seperti sebelumnya.

Lakukan re-start lebih dulu untuk ketahui apa layanan Google Play bisa jalan.

Bila tetap tidak dapat, karena itu langkah paling akhir dengan lakukan faktory reset. Tetapi, kamu harus ingat jika faktory reset akan mengakibatkan semua data yang berada di dalam HP kamu akan terhapus.

Maka pastikanlah kamu back-up data saat sebelum lakukan faktory reset. Langkah untuk faktory reset juga lumayan gampang, kamu dapat temui dalam halaman Seting alias Penataan.

Itu ia langkah menangani sayangnya layanan Google Play telah berhenti yang dapat kamu kerjakan.

Catatan: Janganlah lupa backup data dahulu saat sebelum HP di-reset. Karena kelak semua akan terhapus, khususnya yang berada di memory intern.

Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply